RS Al Huda Sediakan ICU Berkapasitas 9 Tempat Tidur

RSAHBANYUWANGI (titik0km.com) – Rumah Sakit (RS) Al Huda Genteng, Banyuwangi, menyediakan ruangan Intensive Care Unit (ICU)berkapasitas 9 tempat tidur. ICU ini merupakan ruangan khusus yang disediakan untuk merawat pasien yang mengalami sakit kritis dan membutuhkan pengawasan secara intensif dengan menggunakan alat-alat canggih dan dilakukan oleh tenaga perawat terlatih.

Menurut Dr. Jamal Sp.PD, dokter penanggung jawab ICU RS Al Huda, tujuan layanan ini untuk meningkatkan kualitas hidup pasien, mempertahankan dan menyelamatkan kehidupannya, mencegah kondisi memburuk dan komplikasi melalui observasi, serta monitoring ketat dan tindak lanjut. Selain itu, sebagai usaha dalam mengurangi angka kematian dan kecacatan pasien kritis.

Dijelaskan, ruang ICU RS Al Huda sengaja didesain dengan interior warna ungu mulai dari cat tembok, tempat tidur pasien, meja, almari, kursi, tirai, sprei dan bed cover. Bahkan sandal petugas sekalipun. “Karena keunikan manajemen warna inilah, kami mengistilahkan ruang ICU ini dengan nama Purple Room,” katanya.

Terkait masalah ketenagaan, dr.Jamal menjelaskan, ICU RS Al Huda dikepalai 1 orang dokter spesialis penyakit dalam sebagai kepala instalasi dan seorang perawat sebagai kepala perawat. Dijelaskan, saat ini ada 10 tenaga perawat ICU, 8 dari 10 perawat yang telah terlatih ICU/ ICCU RSUD dr.Soetomo Surabaya dan RS PGI Cikini Jakarta.

Observasi terhadap kondisi pasien ICU, lanjut dia, dilakukan selama 24 jam dalam 3 shift setiap hari, yaitu pagi, sore dan malam hari. “Selain itu, kami selalu mengadakan penyegaran dan up date ilmu baru melalui internet atau buku secara intern setiap bulan,” jelasnya.

Kegiatan ini, menurut dia, dilakukan dengan tujuan untuk menjaga profesionalitas dan mutu pelayanan keperawatan di ruang ICU. Masih menurut dr.Jamal, memahami akan kebutuhan masyarakat terhadap layanan ICU pada tahun 2011 yang terus meningkat, pembangunan gedung baru ICU memiliki master plan untuk menjadi 27 tempat tidur, terdiri dari 4 TT untuk ICU Isolasi, 2 TT untuk ICU VIP, 6 TT untuk ICU kelas III, 5 TT untuk ICCU, 2 TT untuk ICU Anak atau PICU, dan 8 TT untuk ICU Bayi Baru Lahir atau  NICU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: