RSBS dan Baitul Amien Bentuk Klub Sehat

JEMBER (titikokm.com) Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS) Jember bakal membentuk klub sehat bersama Yayasan Masjid Al-Baitul Amien, Jember. Gagasan membentuk klub sehat ini bermula saat Direktur RSBS Jember dr Faida MMR menjadi narasumber dalam pengajian rutin yang digelar di Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember, Minggu (21/7) kemarin.

Dalam kegiatan Kajian Fikih Keislaman bertajuk “Mengupas Keajaiban Puasa” yang dilaksanakan Yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember itulah, muncul ide dibentuknya klub sehat bersama Masjid Al-Baitul Amien.

Menurut Zainal Ansori SpdI, wakil ketua pengajian rutin di Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember, inisiatif pembentukan klub sehat ini mencuat setelah muncul banyaknya pertanyaan dari audience seusai paparan materi kesehatan yang disampaikan Direktur RS Bina Sehat dr Hj Faida MMR.

Atas usulan tersebut, Faida menyambut baik gagasan terbentuknya klub sehat ini dengan mengadakan pengisian materi kesehatan satu bulan sekali. Diharapkan, klub sehat ini dapat menjadi media bagi para jamaah untuk mendapatkan tambahan keilmuan dari segi keislaman dan kesehatan menurut Islam.

Dukungan penuh juga diberikan Ketua Yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember dr H Muhammad Hasien Syafrawi MPdI dan H Syaifullah Nuri selaku ketua panitia pengajian rutin.

”Klub sehat ini nantinya akan memfasilitasi seluruh jamaah yang biasanya rutin mengikuti kegiatan pengajian yang diadakan oleh yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien dari semua lapisan masyarakat”, ujarnya.

Sementara itu, saat memberikan paparan dalam pengajian tersebut, dr Faida sempat mengangkat persoalan kesehatan yang dikaitkan dengan ibadah puasa. Dalam paparannya, dr Faida tidak hanya menyampaikan beberapa keajaiban berpuasa, tetapi juga memberikan beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil, menyusui, penderita diabetes, hipertensi, dan masih banyak lagi materi kesehatan seputar puasa.

”Berpuasa aman saja dilakukan oleh penderita diabetes, ibu hamil atau menyusui, dan penderita hipertensi. Bagi penderita diabetes, asalkan kadar gula darahnya terkendali, maka penderita dapat berpuasa dengan aman,” ujar dr Faida, direktur Rumah Sakit Bina Sehat Jember.

Lebih lanjut, Faida menyampaikan, ibu hamil dapat berpuasa dengan tenang dan aman. Asalkan, kata dia, kehamilan yang dijalani merupakan kehamilan normal dan sehat tanpa penyulit. ”Waktu yang tepat berolahraga saat puasa adalah setengah sampai satu jam sebelum berbuka. Terpenting, perhatikan frekuensi dan durasinya,” jelasnya.

Untuk diketahui, pengajian yang dilakukan pengurus Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Minggu selama bulan Ramadan.

Kegiatan kemarin dihadiri lebih dari 100 jamaah dari perwakilan pengurus cabang muslimat Jember, pengurus ranting muslimat Ajung dan Kaliwates, OSIS SMP Al-Baitul Amien dan SMUN 4 Jember. Termasuk, dihadiri pengurus REMAS (Remaja Masjid), kepala sekolah, serta guru Paud/TK/SD/SMP Al-Baitul Amien, juga masyarakat umum. (fid)

Direktur RS Bina Sehat Jember dr Faida MMR saat memberikan ulasan dalam pengajian rutin di Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: