RSD dr. Soebandi Tempat Satu-Satunya Test Kesehatan Bacaleg di Jember

Jember (titik0km.com) – Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi satu-satunya rumah sakit di wilayah Jember yang direkomendasikan KPU Pusat untuk tempat melakukan pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon legislatif (Bacaleg) 2019 di Jember, Pemeriksaan tersebut meliputi Kesehatan Jasmani, laboratorium, narkoba, dan pemeriksaan rohani yang merujuk pada pemeriksaan kejiwaan.

“Kami memang ditunjuk KPU untuk melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, laboratorium dan narkoba bagi bacaleg, termasuk surat keterangan rohani yang merujuk pada pemeriksaan kejiwaan juga diperlukan, untuk pemeriksaan kejiwaan ini nantinya diperiksa oleh ahli jiwa melalui tes MBTI (kecenderungan sifat manusia),” ucap Hendro, Jumat (13/7/2018)

Hendro menambahkan, untuk kepengurusan surat keterangan ini tentu semua tergantung Komisi Pemilihan Umum (KPU), “Kalau memang tahapan dari KPU hingga 17 Juli 2018, berarti terakhir 16 Juli 2018,” jelasnya.

Bahkan untuk melayani kebutuhan bacaleg, pihaknya tetap membuka layanan pada akhir pekan Sabtu dan Minggu meski pada kenyataannya hari Minggu sedikit sekali Bacaleg yang melakukan pemeriksaan, “Sabtu dan Minggu kami tetap buka melayani pemeriksaan test kesehatan Bacaleg, walau nanti misalnya hanya sedikit yang akan menjalani tes,” tuturnya.

Hendro menyebut, sejauh ini Bacaleg yang sudah melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan surat keterangan kurang lebih 400 orang. Itu berarti banyak Bacaleg yang belum melakukan pemeriksaan. Jika ada Bacaleg yang akan melakukan pemeriksaan dengan cara kolektif dan itu dianggap mempermudah, pihaknya mempersilahkan dan terbuka untuk partai mana saja. “Tentu yang bersangkutan harus hadir,” tegasnya.

Untuk diketahui, biaya yang harus dikeluarkan bagi Bacaleg DPRD kota/kabupaten sebesar Rp 670 ribu, sedangkan untuk DPR propinsi/pusat sebesar Rp 910 ribu. Jenis pemeriksaanya berbeda, karena permintaan spesifikasi dari KPU ini berbeda-beda, “Untuk provinsi dan pusat itu lebih banyak pemeriksaannya,” tandas Hendro.

Sementara, Ketua KPU Jember Achmad Anis mengatakan, RSD dr Soebandi Jember merupakan salah satu rumah sakit dari beberapa rumah sakit di Indonesia yang direkomendasikan oleh KPU, “Di Kabupaten Jember sendiri hanya RSD dr Soebandi yang ada di dalam surat edaran dari KPU,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: