Saat Jokowi Bertemu Puluhan Ribu Petani Tebu di Sebuah Padepokan di Tanggul

Oleh : HM. Misbahus Salam*

Pada hari Selasa, 7 Oktober 2014, Presiden RI terpilih Ir. H. Joko Widodo hadir ke Padepokan HM. Arum Sabil Tanggul Jember untuk bertemu dengan para petani tebu yang mengalami kegalauan karena hasil panen mereka pada 2014 ini diprediksi merugi. Penulis yang yang juga menjadi divisi Humas APTRI (Asosiasi Petani tebu Rakyat Indonesia) dengan beberapa tokoh petani, aktivis partai politik, pejabat pemerintah ngobrol santai, diskusi dengan Ketua Umum APTRI (HM. Arum Sabil).

Dalam diskusi itu Abah Arum cerita bahwa beliau ditelepon oleh Ibu Rini Suwandi selaku ketua Tim Transisi Jokowi JK. Ibu Rini bilang kalau Pak Jokowi mau bertemu dan dialog dengan para petani tebu, dan Abah Arum diminta mengumpulkan petani tebu se Jawa Timur dan Jawa Tengah. Walaupun hanya diberi waktu dua hari untuk mempersiapkan kedatangan presiden RI terpilih yang sudah terkait dengan aturan paspampres dan protokuler Abah arum menyanggupi permintaan tersebut.

Ada salah satu teman ngobrol Tanya, Abah Arum sampean ini hidupnya mulya, sudah diberi karunia rizqi melimpah dan masih mau di datangi presiden, amaliah apa yang sampean perbuat ? Spontan Abah Arum menjawab ; saya pernah dipelajari oleh Guru Ngaji saya ; “ jadilah orang yang suka menolong saudaranya atau orang lain pasti Allah Swt akan memberi pertolongan pada kita”. Kalau dalam Hadist Nabi, Rasulullah SAW bersabda ; Wallahu fi ‘aunil abdi ma kana ‘abdu fi ‘auni akhihi (Artinya ; Allah akan selalu menolong hambanya selama hamba itu mau menolong saudaranya).

Abah Arum melanjutkan pembicaraannya bahwa kedatangan Presiden bagi saya pribadi secara finansial ini tidak menguntungkan, karena seluruh biaya pasti saya yang menanggungnya, tapi  karena kedatangan Pak jokowi ini ingin tahu kondisi petani tebu yang dua tahun ini mengalami kerugian akibat kebijakan pemerintah yang tidak memihak petani tebu, maka dengan niat untuk menolong para petani saya sanggupi permintaan Ibu Rini dengan penuh ikhlas dan rasa suka cita. Siapa tahu dengan Pak Jokowi tahu persis pada problema petani tebu ada kebijakan presiden, menteri terkait dan pejabat BUMN, para petani tebu dapat hidup makmur dan sejahtera.

Alhamdulillah pada pukul 16.00 Wib Presiden RI terpilih Bapak Ir. H. Joko Widodo datang ke tempat Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) atau di Padepokan HM. Arum Sabil. Penulis yang ditunjuk sebagai MC langsung mengucapkan selamat datang dan Cak Dikin langsung menyanyikan lagu ‘’Petani Tebu’’. Sekitar sepuluh Ribu petani yang berkumpul melambaikan tangan menyambut dengan penuh harapan atas kedatangan Bapak Jokowi.

Acara dimulai dengan pembukaan surat alfatihah dan Pak Jokowi langsung memimpin dialog dengan para petani. Pak Jokowi betul-betul presiden yang ingin tahu persoalan rakyat dari dekat, dia langsung mempersilahkan siapa dari para petani tebu yang ingin menyampaikan uneg-unegnya, tanpa ada sekenario penunjukan orang yang akan bicara seperti yang terjadi pada presiden RI sebelumnya.

Para petani yang ditunjuk Pak Jokowi disuruh naik panggung dan menyampaikan persoalan petani tebu, mulai dari persolan Impor gula rafinasi, dana tidak dibayar, Rendemen, kondisi mesin prabrik, pupuk, pengelolaan tanah dan KKPE, termasuk kredit dari Bank ke para petani, semua dicurahkan kepada Presiden RI terpilih. Pak Jokowi berjanji semua itu akan kami tangani dan akan dicarikan solusinya karena apa yang disampaikan para petani semua sudah dicatat.

Akhirnya para petani berharap semoga dengan acara jagongan bersama Presiden RI terpilih Bapak Jokowi semua persoalan yang sedang menimpa petani tebu dapat jalan keluar terbaik, karena realitas yang ada, ada Pabrik Gula yang gudangnya sudah tidak muat menampung gula dan sudah meluber keluar dan kalau musim hujan tiba sungguh sangat memprihatinkan akibat gula tidak terjual. Dan semua pihak yang terkait dalam kebijakan petani tebu dapat memberikan solusi terhadap problematika yang menimpa petani tebu. (*)

Jember, 7 Oktober 2014

*HM. Misbahus Salam  – Divisi Humas APTRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: