Santri Blok Agung Digembleng Jiwa Entrepreneur

ipj di blokagungBanyuwangi (titik0km.com) – Kalangan pesantren terus membuka diri akan kondisi terkini. Pesantren Darusallam Blok Agung Rabu (12/12/12) kemarin mengadakan seminar entrepreneurship untuk para santrinya.

Materi entrepreneurship ini disampaikan Ikatan Pengusaha Jember (IPJ) yang diwakili Ketua IPJ Agus Susanto dan Sekretaris IPJ Taufik Ardi Nugroho dengan dimoderatori Samsudin Adlawi, Direktur Radar Jember.

Seminar entrepreneurship dengan tema “Mengubah Sampah Menjadi Emas” terasa sangat hidup dan menarik diikuti. Ini terbukti dari antusiasme seratus orang santri yang sangat tinggi. Tidak ada satupun yang meninggalkan tempat seminar selama kurang lebih tiga jam waktu yg disediakan pihak Pesantren Darusallam Blok Agung. Bahkan, moderator sampai harus memperpanjang sesi tanya jawab, yang semula 2 sesi menjadi 3 sesi. Pertanyaan yang dilontarkan para santri juga sangat berbobot.

Widiyanto, seorang santri sekaligus mahasiswa semester lima menanyakan bagaimana caranya agar usaha garment yang dia kelola selama ini dapat dikenal lebih luas lagi.

Pertanyaan yang senada juga disampaikan M Ali, santri yang punya usaha gorden. Sedikit berbeda dengan Habibie, santriwati yang diberi amanah mengelola usaha pesantren yang menanyakan bagaimana caranya agar usaha pesantren dapat untung lebih besar.

Semua ini menunjukkan bahwa entrepreneurship di kalangan para santri kini sudah sangatlah tinggi. Dengan lugas dan bijak para narasumber menjawab dan menjelaskan akan arti pentingnya jalinan silaturahmi untuk memperluas jaringan dan kekuatan berpikir positif untuk terus memberikan semangat pantang menyerah bagi para calon entrepreneur di kalangan santri ini.

“The Law of attraction (hukum tarik menarik) mengajarkan kepada kita bahwa jika kita senantiasa berpikir positif maka seluruh alam pasti akan merespon dengan hal yang sama,” ujar Taufik menjawab beberapa pertanyaan tentang motivasi para santri.

Tak kalah menariknya, Agus Susanto yang menjadi anggota Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jember mengajak kepada para santri agar menjadi agen-agen sistem ekonomi Syariah. “Ekonomi syariah adalah solusi paling tepat untuk kondisi perekonomian dunia sekarang ini,” tegasnya di depan para santri Darusallam Blok Agung Banyuwangi.

Acara ini merupakan kali pertama seminar entrepreneur yang diisi oleh IPJ di kalangan pesantren. Gus Munif, pembina pesantren Darusallam Blok Agung menyampaikan ketertarikan dan kepuasannya akan acara seminar yang disampaikan narasumber dari IPJ. “Sayang waktu seminar kali ini sangat terbatas. InsyaAllah, kami akan adakan pelatihan lanjutan bersama IPJ dengan tema entrepreneur dan dalam forum yang lebih besar lagi,” ungkap Gus Munif bersemangat setelah melihat besarnya antusias para santri dalam seminar entrepreneur ini. (tan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: