Segera Dibentuk Ditjen Konghucu di Kemenag RI

JAKARTA (titik0km.com) – Pada masa perayaan Imlek 2014 yang juga dirayakan oleh sebagian masyarakat Indonesia ini, Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) bertemu dengan Presiden SBY. Dalam pertemuan ini juga disinggung usulan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) soal dibentuknya Direktorat Jenderal Agama Konghucu di Kementerian Agama.

Seperti yang dikutip dari siaran pers Kemenag RI dalam situsnya pada Sabtu (8/2), Presiden SBY menerima dengan baik usulan tersebut dan meminta Menkokesra Agung Laksono untuk menindaklanjuti usulan tersebut. “Saya merespons baik usulan dari Matakin tersebut dan Menkokesra sebagai Menag ad interim, untuk didirikannya Dirjen Umat Konghucu. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa diwujudkan,” jelas Presiden SBY.

Sebelumnya Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin) Wawan Wiratma meminta umat Konghucu mengingat jasa-jasa presiden Gusdur yang telah mencabut Inpres No 14 tahun 1967 yang telah membelenggu umat Konghucu. Selain itu juga Presiden Megawati yang telah menempatkan Imlek sebagai tahun baru nasional.

Penghargaan terhadap dua mantan Presiden RI yang dianggap berjasa itu diungkapkan dalam sambutan Ketua Matakin di acara Perayaan Tahun Baru Imlek 2565 Tahun 2014 bertema ‘Pemimpin Sejati Berpegang pada Cinta Kasih dan Kebenaran, Bukan pada Keuntungan’ ini. “Harapan umat Matakin, nanti bolehlah nanti Matakin memiliki Dirjen Konghucu. Kiranya tidaklah berlebihan harapan kami kepada pemerintah dan saya serukan pula kepada umat Konghucu untuk membangun negara kita tercinta,” papar Wawan Wiratma. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: