Semakin Maju Kota Semakin Butuh Desain Grafis Bermutu

Adiguna[dot]com (2)JEMBER (titik0km.com)Desain Grafis saat ini telah menemukan tempat yang tepat untuk berkembang. Betapa tidak wilayah perkotaan dan ruang urban semakin berkembang membutuhkan sentuhan keindahan. Banyak ruang kosong yang jika di manfaatkan dengan tepat akan keindahan bagi penghuni kota.

Sebut saja dari sisi seni grafis, ditengah maraknya pertumbuhan pusat printing super lebar dan super cepat, yang kemudian di ikuti dengan kebutuhan dan permintaan karya grafis, meningkat pesat beberapa tahun terakhir ini.

Disamping di dukung teknologi dan perangkat komputer serta program desain yang telah memiliki kemampuan baik di gambar 2D dan gambar 3D, juga di dukung oleh sekolah yang mengajarkan teknik desain seperti di SMK. Kondisi ini menimbulkan semakin banyak desainer grafis yang bermunculan, baik yang berlatar belakang SMK maupun yang secara sengaja mengambil jurusan desain grafis di perguruan tinggi.

Adiguna[dot]com (1)Menurut Adi Fajar, owner Adiguna Design And Printing Solution, perkembangan desain grafis memang dipengaruhi teknologi dan permintaan pasar. “Beda di Jember sekarang dengan 10 tahun yang lalu adalah bagaimana orang saat ini sangat membutuhkan desain yang sempurna, artinya jika 10 tahun yang lalu desain bisa saja sederhana dan pemilihan warna serta tata letak yang seadanya. Namun sekarang tuntutan pasar pengguna desain grafis menuntut desain yang lebih sempurna,” ungkap Adi Fajar saat ditemui di kantornya.

 “Untuk Desain Grafis dan desainernya sendiri saya kira sudah mumpuni karena praktis semua pengetahuan dasar sudah diajarkan di semua SMK yang memiliki jurusan desain grafis, dengan sedikit belajar dan mengikuti perkembangan seni desain grafis melalui internet, kita bisa mendapatkan pengetahuan dan trik desain grafis yang terkini,” kata Adi Fajar

adigunaSelanjutnya, Adi Fajar juga sempat menyayangkan bahwa desain grafis masih belum dihargai selayaknya profesi, termasuk pendapat orang bahwa desain grafis adalah hal yang mudah. “Banyak orang yang menganggap kemampuan desain grafis itu sama dengan menggambar, namun seni grafis lebih dinamis karena selalu berkembang menurut eranya,” papar Adi Fajar.

“Jadi sudah seyogyanya ketika sebuah desain, seperti membuat logo, orang atau perusahaan akan dengan mudah membayar dengan nominal yang besar atau mahal, karena logo adalah perwakilan dari si empunya atau perusahaan yang akan bertemu langsung dengan masyarakat atau konsumen. Jadi kalau jelek dan asal asalan pembuatannya sangat sayang sekali,” ungkap Adi Fajar

adifajarMemang sebuah kota atau wilayah yang sedang berkembang akan membutuhkan sentuhan desain yang nantinya akan di pakai di papan toko atau sekedar menjadi daftar menu sebuah tempat makan. “Ya, semakin maju kotanya akan semakin butuh desain grafis yang bermutu pula, yang lebih menonjolkan keindahan dari pada asal asalan, bukannya malah bagus,  malah jadi gak karu karuan kotanya, karena desainnya nggak mendukung”, pungkas Adi Fajar. (ads)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: