Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Sempat Molor, Test CPNS di Jember Akhirnya Dimulai

Sempat Molor, Test CPNS di Jember Akhirnya Dimulai

Sempat Molor, Test CPNS di Jember Akhirnya Dimulai

Jember (titik0km.com) Test seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lima kabupaten dan kota yang dipusatkan di Jember Jumat (16/10/2018) sempat mengalami kendala teknis akhirnya dimulai pukul 14.00 WIB, terkendalanya ujian CPNS yang sejatinya dimulai pada pukul 08.00 WIB tertunda karena koneksi internet yang  belum tersambung semua ke perangkat komputer yang digunakan test.

“Mundurnya test CPNS ini kendalanya bukan di Pemkab Jember, karena kami hanya sebagai tuan rumah saja, tapi di koneksi internet yang belum tersambung semua, tapi Alhamdulillah saat ini sudah siap,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR saat melakukan sidak lokasi CPNS Jumat siang.

Meski demikian, Bupati mengatakan bahwa akibat keterlambatan pihak Pemkab Jember tetap memberikan layanan kepada peserta CPNS dengan menyiapkan nasi kota untuk makan, sedangkan untuk keluarganya yang menunggu diluar disiapkan air minum baik air mineral maupun teh manis.

Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR saat memberikan keterangan pers usai sidak

“Meski ada keterlambatan, pemkab Jember tidak tinggal diam, sebagai tuan rumah kami harus memberikan layanan terbaik kepada tamu-tamu, tadi untuk peserta sudah kami siapkan nasi kotak untuk makan, sedangkan bagi keluarganya yang menunggu diluar kami siapkan air mineral dan teh manis, bagaimanapun juga mereka adalah pejuang, pejuang untuk bisa lolos menjadi abdi masyarakat,” ujar Bupati Jember.

Sementara Koordinator Pelaksanaan Panselnas di Jember Nur Hasanah kepada sejumlah wartawan mengatakan pemunduran CPNS tidak sesuai jadwal karena teknis jaringan yang tidak terkoneksi, sebab test CPNS kali ini menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT), kalau di paksakan dan mengalami trouble maka peserta test yang akan rugi, sehingga diputuskan di undur.

“Mending mundur daripada nanti ada masalah pada saat pelaksanaan test, sebenarnya sebelum jumatan tadi sudah ready, tapi kami harus melakukan trial and eror dulu untuk memastikan bahwa semua sudah clear and ready, pelaksanaan yang rencananya dijadwalkan selesai pukul 17.00 ya terpaksa sampai malam pukul 22 nanti,” ujar Nur Hasanah.

Kendala teknis pada Test CPNS di Jawa Timur ini tidak hanya terjadi di Jember saja, namun di Malang dan Kediri juga mengalami hal yang sama, namun meski demikian, panselnas menjamin tidak akan ada kebocoran soal-soal tes, karena ruangannya sudah disegel dan steeril.

Untuk di Jember sendiri, test CPNS diikuti peserta dari lima kabupaten, dimana untuk kabupaten Jember 10.799 peserta CPNS, Bondowoso 2533 peserta, Probolinggo Kabupaten 3938 peserta, Probolinggo Kota 790 peserta, dan Situbondo 4786 peserta.

Dalam 1 kali sesi test bisa berlangsung 250 peserta dengan durasi 90 menit, dengan jadwal Kabupaten Jember dimulai dari tanggal 26-3 November 2018, Bondowoso mulai dari tanggal 4-6 November 2018, Kabupaten Probolinggo mulai dari tanggal 7-10 November 2018, Kota Probolinggo tanggal 11 November 2018, dan untuk Kabupaten Situbondo mulai tanggal 12-16 November 2018. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top