Senam YUK CT Bikin Anak Tahu Cara Cuci Tangan

JEMBER (titik0km.com) – Senam YUK CT yang dipopulerkan oleh RS Bina Sehat Jember semakin banyak peminat, terutama dari kalangan sekolah PAUD dan TK. Pasalnya pada hari Sabtu (25/1) bertempat di pelataran Kantor Universitas Terbuka jl. Kaliurang Jember diadakan Senam YUK CT bersama IGTKI kecamatan Sumbersari, Jember.

Nampak puluhan siswa dari TK di lingkungan IGTKI kecamatan Sumbersari, Jember berbaur dengan guru pendamping, dan para orang tuapun juga ikut mengikuti goyangan instruktur YUK CT. Menurut Yunita, koordinator tim YUK CT RS Bina Sehat, menjelaskan bahwa YUK CT sebenarnya adalah gerakan cuci tangan yang dikreasi sedemikian rupa sehingga menjadi menarik. “Ada tiga macam senam YUK CT, untuk anak, untuk remaja dan umum, dan yang paling lebih adalah joget YUK CT versi oplosan, semuanya lengkap dengan keterangan yang dijadikan lirik lagu,” jelas Yunita yang juga berprofesi sebagai dokter gigi itu.

Senam YUK CT sendiri memang diadopsi dari standar cuci tangan dari WHO, namun karena kurangnya sosialisasi maka gerakan cuci tangan tersbut jarang diketahui oleh khalayak umum. Direktur RS Bina Sehat Jember, dr Faida MMR, dalam pertemuan dengan beberapa kepala sekolah di kantor Dispendik Jember beberapa waktu yang lalu, menjelaskan bahwa dengan cuci tangan yang benar akan menekan setidaknya sampai 50% tingkat kesakitan anak-anak melalui pengenalan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Sayangnya tidak semua guru tahu dan paham bagaimana cara cuci tangan yang benar, karena dari itu kita membuat senam YUK CT ini supaya menghibur dan bermanfaat karena tahu cara cuci tangan yang benar,” kata Faida

Guru pun banyak yang merasa terbantu dengan adanya senam YUK CT dari tim RS Bina Sehat ini, salah satunya adalah guru dari TK Ar Rohmah jl. Letjen Sutoyo Jember, Uun bersama 5 rekannya bersama murid beserta wali murid ikut berjoget YUK CT, “Ternyata cara cuci tangan kita selama ini salah, saya baru tahu kalau cuci tangan yang benar, ya dari joget YUK CT. Jogetnya mudah dihafal dan menyenangkan, terutama buat anak-anak, mereka bisa langsung tahu dan hafal cara cuci tangan yang benar apalagi ada liriknya,” kata Uun yang mengaku paling suka joget YUK CT dengan lagu oplosan. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: