Senangnya 40 THL-TB, Usai Terima SK CPNS Langsung Dapat Gaji 3 Bulan

JEMBER (titik0km.com) – Raut wajah gembir terpancar dari wajah ke 40 CPNS Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu (THL-TB) Penyuluh Pertanian 2017 yang menerima SK dari Bupati Jember Rabu (27/9/2017), selain SK diterima secara langsung dari Bupati, mereka juga langsung menerima rapelan gaji selama tiga bulan yakni Juli, Agustus dan September, hal ini sesuai dengan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) terhitung sejak tanggal 1 Juni 2017, dimana gajinya diterima pada tanggal 1 Juli 2017. “Saya sudah memerintahkan kepala dinas untuk membayar rapelan gaji para CPNS tersebut,dan Tadi, pengurusan rekening gaji juga langsung dilayani oleh Bank Jatim,” ujar Bupati.

Bupati Faida menambahkan, dari hasil analisa sementara, sampai pada tahun 2019 Jember membutuhkan sedikitnya 246 Tenaga Penyuluh Pertanian, sedangkan pada tahun ini setelah ada tambahan 40 CPNS, jumlah tenaga penyuluh pertanian di Jember masih 228 orang.

“Pemkab masih membutuhkan tenaga penyuluh pertanian lagi, karena sesuai data dan analisa, sampai tahun 2019 nanti tenaga yang dibutuhkan sekitar 246 tenaga, sedangkan saat ini baru ada 228 orang, masih kurang,” tegas Faida.

Dari 228 orang tenaga penyuluh pertanian, diantaranya terdiri dari 110 Penyuluh PNS, 40 Penyuluh CPNS, dan 78 Penyuluh dari THL-LB. Berdasarkan tingkat umur THL-TB pertanian Jember sebanyak 39 orang usianya masih dibawah 35 tahun, sedangkan 78 orang umurnya di atas 35 tahun.

“Kebijakan dari pemerintah pusat, untuk THL-TB penyuluh pertanian usia di bawah 35 tahun bisa diangkat menjadi CPNS. Sementara THL-TB yang usianya di atas 35 tahun, diupayakan diangkat menjadi PPPk,” bebernya.

Masih menurut Faida, dalam proses pengusulan penetapan NIP ke BKN diperlukan adanya konfirmasi tertulis dari Kementerian PAN dan RB serta Kementerian Pertanian terkait tambahan satu orang formasi CPNS dari THL-LB penyukuh pertanian dari Kota Surabaya. Ini dikarenakan THL-LB penyuluh pertanian tersebut sebelumnya tidak termasuk di data base THL-LB di Kabupaten Jember. Dari hasil konfirmasi tertulis yang telah dilakukan, jumlah formasi THL-LB Penyuluh Pertanian untuk pemerintah Kabupaten jember yang semula berjumlah 39 orang menjadi 40 orang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: