Seni Gerak Parkour Diminati Banyak Kalangan

SERANG (titik0km.com) – Seni gerak parkour (PK) atau dalam bahasa Perancis l’art du déplacement  atau terjemahan bebas dari seni gerak awalnya adalah aktivitas yang bertujuan untuk berpindah tempat secara cepat dan efisien, dengan menggunakan prinsip kemampuan anatomi dan tubuh manusia. Kegunaan parkour sendiri sangat banyak misalkan untuk menolong seseorang dengan melintas cepat melalui rintangan dan penghalang, seperti cabang pohon, batu-batuan hingga pegangan tangan dan tembok yang tinggi sekalipun.

Menurut Mustamir Amal Wahidi, Ketua Komunitas Parkour Serang, Banten, atlet-atlet Parkour biasa disebut Traceur atau Traceuse untuk perempuan. “Sebenarnya parkour sudah dilakukan sejak dulu sebelum manusia mengenal kata Parkour itu sendiri. Tapi lambat laun Parkour dikenalkan ke seluruh dunia oleh David Belle, seorang warga negara Perancis. Dari Negara Perancis, akhirnya David memperkenalkan olahraga seni gerak parkour ini ke seluruh dunia sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan Eropa dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia dan Serang, Banten ini,” papar Mustamir kepada kontributor titik0km.com Banten.

Parkour Serang sendiri dibentuk pada tanggal 28 April 2011, dan sekarang komunitas parkour serang memiliki sekretariat di Perumahan BMS Serang semakin berkembang, dulu anggotanya hanya tiga orang saja, sekarang sudah sekitar 50 orang”, ujar Ketua Komunitas Parkour Serang ini, saat ditemui di halaman Stadion Maulana Yusuf Ciceri Serang.

Uniknya, anggota Komunitas Parkour Serang sangat beragam dan berasal dari berbagai kalangan, mulai dari karyawan, mahasiswa, SMA, sampai anak yang baru lulus SD juga ada di komunitas ini. Jadwal latihan rutinpun mereka biasa adakan setiap hari Sabtu dan Minggu. di halaman Stadion Kebanggaan Kota Serang tersebut.

Bagi siapapun yang ingin begabung, caranya mudah. Bisa datang saja ke tempat latihan, yaitu di halaman Stadion Maulana Yusuf Ciceri Serang Banten. “Kami tidak memungut biaya apapun bagi siapa saja yang ingin bergabung dalam komunitas ini, dan porsi latihan juga disesuaikan dengan usia dan kemampuan, bagi mereka yang masih belum mampu melakukan parkour yang extreme akan kami arahkan untuk tingkat dasar dahulu, jadi parkour ini relatif aman dan bagi anak-anak tidak sampai mengganggu perkembangan fisik, karena terarah” papar Dini, pelatih teknik dan pemateri Komunitas Parkour Serang.

Dini juga menjelaskan setiap penggiat parkour harus menguasai gerakan-gerakan dasar Parkour seperti walking, running, jumping, climbing, swinging, balancing sampai dengan rolling. Olahraga seni gerak yang relatif baru dan sangat populer digunakan di film-film dengan genre action ini, “Parkour juga dapat merangsang kreatifitas dan efisiensi kerja otak karena dengan terbiasa melakukan kegiatan parkour ini seseorang dituntut untuk bergerak cepat secara simultan, efisien dan aman dalam menghadapi rintangan yang biasa ditemui didaerah perkotaan maupun pedesaan sehari-harinya,” tutup Dini kepada kontributor titik0km.com Banten. (gun)

Seni Gerak Parkour Diminati Banyak Kalangan di kota Serang Banten Seni Gerak Parkour Diminati Banyak Kalangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: