Sensasi Sepeda Fixie Yang Seksi

Oleh : Gugun Ginanjar *

Masih ingat ketika kita kecil dulu menggunakan sepeda yang tidak mempunyai rem? Dulu sepeda jenis ini di Indonesia dikenal dengan istilah door trape, beberapa daerah menyebut doltrap atau goltrap, kini sepeda door trape kembali booming dan berubah wujud dan nama sebutannya menjadi fixie.

Hampir diseluruh kota di Indonesia sudah sering kita jumpai komunitas penggemar sepeda fixie ini mereka berkumpul, beratraksi di tempat-tempat keramaian sehingga menarik perhatian masyarakat sekitar. Tidak sekedar berkumpul dan beratraksi penggemar sepeda ini pun sudah menggunakan sepeda fixie ini untuk aktivitas sehari-hari sebagai alat transportasi seperti ke sekolah ketempat kerja atau bahkan untuk sekedar hang out seperti pergi ke mall, café, dll.

Sebenarnya apakah fixie itu, awal mulanya lebih dikenal dengan Fixed Wheel, berkaitan erat dengan single speed bicycle. Gear bicycle atau Fixed Wheel Bicycle, kemudian di kenal di USA dengan istilah Fixie. Sebuah alat transportasi sepeda tanpa menggunakan Free Wheel.

Sproket atau gear belakang tanpa free wheel langsung menancap pada fixed Hub. Ketika roda belakang berputar maka pedal akan berputar searah dengan putaran roda belakang. Hal tersebut memungkinkan pengendara sepeda fixie dapat menghentikan laju sepeda tanpa menggunakan rem. Untuk menghentikan laju sepeda, pengendara hanya perlu menarik kebelakang berlawanan arah pedal crank, secara otomatis roda akan melambat dan berhenti.

Dalam dunia balap sepeda, fixed gear di gunakan pada kompetisi Track cycling yang biasanya di lakukan di sebuah Velodrome (sebuah lintasan balap yang berbentuk oval tanpa ujung).

Seiring dengan berkembangnya jaman, sepeda fixed tidak hanya digunakan di lintasan Velodrome tapi sudah mulai merambah ke lintasan jalan raya, sebagai alat transportasi harian. Di Amerika sepeda fixie jalan raya awalnya dikenalkan oleh para bicycle messengers.

Meskipun legalitas sepeda fixie diberbagai negara maju masih jadi pertentangan, hingga saat ini para pengguna Fixed semakin bertambah dan merebak diberbagai negara. Fixie Sebuah alat transportasi yang simple, sehat dan cepat, mereka terkenal dengan slogan “Brakeless no problem”.

Bagi anda yang belum terbiasa menggunakan sepeda jenis ini mungkin akan sedikit kerepotan dan berbahaya ketika mengendarainya apalagi ketika jalan yang dilalui menurun tajam dan berbelok karena pedal akan terus berputar dan sepeda melaju dengan kencang. Namun jika penasaran ingin merasakan sensasi berkendara sepeda fixie anda bisa mensiasatinya dengan cara :

a. Untuk mensiasati penggunaan gear door trape, dipasangkan juga gear free wheel, pada hub belakang ada dua gear yang dipasang pada sisi kanan dan kiri roda. Sisi kiri untuk sistim door trape, dan sisi lainnya untuk free wheel jadi bila ingin aman tinggal dibalik saja rodanya. Jangan lupa untuk menggunakan baut yang knock down pada as belakang sehingga tidak perlu menggunakan kunci pas untuk membuka baut dan juga sebaiknya menggunakan ban luar dengan system “all direction”

b. Bila dipandang perlu juga bisa ditambahkan rem, tapi ingat rem depan saja karena konsep dari sepeda fixie adalah sepeda yang simple yang  tidak menggunakan banyak aksesories. Kenapa rem depan saja?, karena rem depan lebih akurat dan cepat untuk memperlambat laju sepeda, selain pada saat kita melakukan rem depan, otomatis berat tubuh akan terdorong ke depan sesuai dengan hukum alam kelebaman. Jadi titik tumpu akan condong ke arah depan, sehingga lebih efektif meredam gaya yang ke arah depan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: