Setiap Bayi Lahir Langsung Dapat Akta Kelahiran

Kadispendukcapil Bpk. Isman Sutomo, SH, M.Si, Direktur RS Bina Sehat, dr.Faida, MMR,  bersama keluarga penerimaUpaya Direktur RS Bina Sehat Jember dr Faida MMR Gaungkan Sinergisitas (Seri 3)

JEMBER – Marketing Without Wall. Itulah salah satu upaya sinergisitas yang dilakukan Direktur Rumah Sakit Bina Sehat Jember tanpa dibatasi dinding rumah sakit. Wujud sinergisitas itu salah satunya diwujudkan dengan membangun kerjasama dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember Isman Sutomo SH M.Si. Terurama dalam memberikan pelayanan akta kependudukan bagi pasien RS Bina Sehat Jember.

Salah satunya dengan memberikan layanan pembuatan akta kelahiran bagi bayi yang lahir di RS Bina Sehat Jember. Kini, setiap bayi yang lahir di RS swasta terbesar di Jember ini, langsung mendapatkan akta kelahiran. Tentunya, sebelumnya, orang tua bayi harus melengkapi berbagai persyaratan yang harus dipenuhi di Dispendukcapil Jember.

Sinergisitas ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara RS Bina Sehat dangan Dispendukcapil Jember dalam pembuatan akta kelahiran bayi, dimana Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS) Jember membantu memfasilitasi pembuatan akta kelahiran untuk bayi yang baru lahir di RS Bina Sehat

“Kerjasama ini telah ditandatangani kedua belah pihak sejak 5 Juli 2012 bertepatan dengan kegiatan pemecahan Rekor MURI (Musium Rekor Indonesia) penandatanganan 885 MoU dengan RS Bina Sehat dalam sehari,” ujar Kepala Dispendukcapil Jember Isman Sutomo.

Isman mengapresiasi sinergisitas yang dilakukan RS Bina Sehat Jember dengan Dispendukcapil Jember. “Dengan sinergisitas ini, masyarakat akan terlayani dengan baik,” paparnya.

Tak hanya pembuatan akta kelahiran bayi yang dikerjasamakan. Bahkan, perubahan kartu keluarga orang tua bayi juga dilakukan. Tentunya, sinergisitas yang dibangun antara RS Bina Sehat Jember dengan Dispendukcapil ini menjadi kemudahan bagi masyarakat.

“Pada awalnya kami bingung ketika harus menyiapkan nama bayi dalam waktu yang cepat. Namun demikian program pembuatan akte kelahiran ini sangat baik sekali dan sangat membantu kami,” ujar Abdul Qodir, salah satu keluarga bayi Ammara Khaulani Laudzina yang lahir di RS Bina Sehat Jember.

Menurut Direktur RS Bina Sehat Jember dr Faida MMR, salah satu syarat kelengkapan berkas pembuatan akta kelahiran bayi, harus sudah disiapkan nama lengkapnya. Hal ini dimaksudkan supaya mempermudah pengurusan nama pada akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) yang baru

Kadispendukcapil Bpk. Isman Sutomo, SH, M.Si didampingi Direktur RS Bina Sehat, dr.Faida, MMR saat menyerahkan akta kelahiranSecara umum dari semua peserta yang ikut penyerahan akte kelahiran ini merasa program tersebut sangat baik dan membantu mempermudah mereka dalam pengurusan administrasi kependudukan dalam hal ini Akta Kelahiran bayi mereka,” paparnya.

Dijelaskan, RS Bina Sehat Jember siap membantu pengurusan akta kelahiran bagi bayi-bayi yang telah lahir sebelumnya. “Mengingat pentingnya fungsi akta kelahiran ini, alangkah baiknya agar dokumen ini dapat diurus dengan mudah. Harapannya, setiap warga bisa tertib melaksanakan administrasi kependudukan sesuai dengan himbauan pemerintah,” tegasnya. (tnt/bersambung)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: