Setiap tahun Muncul 39rb Mahasiswa Baru di Karesidenan Besuki

JEMBER (titik0km.com) – Minat untuk mendapatkan perguruan tinggi yang berkulaitas semakin besar. Hal ini juga diikuti tren para siswa untuk memilih Universitas Jember terus naik drastis setiap tahunnya. Hal ini terungkap pada Forum Silaturahmi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Besuki Raya plus Lumajang, Probolinggo yang diselenggarakan pada kamis (10/7) di Unej.

Menurut Rektor Unej, Moh Hasan, pada tahun 2103 lalu, sebanyak 35.000 pendaftar memilih Unej dan tahun ini telah memasuki angka 39.000 lebih pendaftar. “Ini menandakan jika dalam bahasa bisnis, jika perguruan tinggi ibarat pasar untuk calon “konsumen”-nya. Artinya, bagi 30 PTS se eks karesidenan Besuki (Besuki Raya) dan Lumajang, Probolinggo adalah para pendaftar ini adalah pasar yang harus ditangkap,” ungkap Moh Hasan.

Setiap tahunnya Unej hanya menerima 5.600 pendaftar, Moh Hasan juga melihat bahwa jumlah pendaftar ini yang harus dipandang sebagai share market atau pasar yang bisa dibagi bersama, bukan kompetisi merebutkannya. “Bagaimana mengelola ini menjadi share market itulah yang harus kita sepakati dan kerjasamakan,”ujar Moh. Hasan pada acara , yang diselenggarakan di Ruang Senat Gedung Rektorat Unej ini

Agenda pertemuan tersebut adalah penandatanganan MoU antara Unej dengan Berbagai PTN/S tersebut. Ini menarik karena beberapa bentuk kerjasama yang bisa dilakukan seperti transfer kredit, penelitian bersama, KKN bersama, rekrutmen mahasiswa bersama atau semacam model penerimaan mahasiswa baru secara bersama. “Semangatnya adalah maju bersama. Ya, ini semua demi anak-anak bangsa yang membutuhkan lembaga pendidikan yang berkualitas,” sambung Moh Hasan kepada pimpinan perguruan tinggi se Besuki. (humasunej/asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: