Sidak Pasar, Tim Satgas Pangan Cek Harga Sembako

Jember (titik0km.com) – Tim Satgas Pangan Pemkab Jember gelar sidak di sejumlah pasar yang ada di wilayah perkotaan Jember pada Rabu (8/5/2019), sidak yang dipimpin langsung oleh plt. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemkab Jember Indah Dwi Budi Artini ini, meliputi pasar Tanjung, Pasar Kreyongan, Pasar Mangli dan Pasar Bungur.

Dalam sidak tersebut, tim Satgas tidak menemukan adanya harga kebutuhan pokok yang naik, semua bahan kebutuhan pokok masih diambang batas harga normal, “Memang beberapa hari yang lalu, ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, seperti bawang putih yang tembus di harga 60 ribu, namun saat kami lakukan sidak hari ini, harga bawang putih harganya sudah turun menjadi 40 ribu per kilo gramnya,” ujar Indah.

Indah menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan monitoring harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional, termasuk di beberapa pasar yang ada di kecamatan di Jember hingga lebaran nanti.

“Berdasarkan hasil inspeksi, tidak ada masalah dengan persediaan barang dan harga bahan pokok masih dinilai stabil, meskipun ada kenaikan beberapa komoditas tapi masih dalam kewajaran,” bebernya.

Hal senada disampaikan pedagang Pasar Tanjung Jember bahwa harga bahan pokok cenderung stabil pada awal Ramadan 1440 Hijriah seperti minyak goreng dan gula pasir, namun untuk beras masih stabil yakni kisaran Rp10.000 hingga Rp12.000 per kilogram.

“Permintaan untuk beberapa komoditas pangan meningkat seperti gula pasir dan telur ayam ras juga mengalami kenaikan, namun harganya masih tergolong stabil di Jember,” ujar Diana, pedagang setempat.

Pantauan di Pasar Tanjung Jember, harga daging sapi masih stabil Rp110.000 per kilogram, harga daging ayam berkisar Rp31.000 hingga Rp33.000 per kilogram, gula pasir Rp11.000 per kilogram, telur ayam ras kisaran Rp22.000 hingga Rp23.000 per kilogram, dan tepung terigu Rp8.000 per kilogram.

Sedangkan untuk komoditas bawang merah sebesar Rp30.000 per kilogram dan bawang merah mengalami penurunan dari Rp55.000 menjadi Rp45.000 per kilogram, serta cabai rawit mengalami kenaikan dari Rp18.000 menjadi Rp23.000 per kilogram. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: