Sinergitas Tanpa Batas Kodim 0824 Jember

gerakan menanam sejuta pohon Kodim 0824 Jember - Perhutani JemberJEMBER (titik0km.com) – Gaung sinergi yang banyak didengungkan di kota Jember ternyata memberikan banyak  inspirasi dan ide. Tak kurang kegiatan sinergi kali ini dilakukan oleh Kodim 0824 Jember melalui ‘Aksi Penanaman Sejuta Pohon Menuju Indonesia Hijau Berseri’  di lahan seluas 11,5 ha bertempat di desa Karang Kedawung, Mumbulsari, Jember hari ini (16/03).

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0824, Letkol InfTri Rana Subekti S.Sos menyebutkan bahwa gerakan penghijauan kembali ini sangat penting untuk membangkitkan semangat menjaga kelestarian lingkungan, terutama untuk upaya menjaga agar tidak terjadi bencana alam seperti banjir, longsor di wilayah Jember, terutama jika dikaitkan dengan hutan sebagai paru paru dunia. “bahwa setiap manusia bernafas menghirup udara segar itu adalah berkah yang tak terkira dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga kita wajib menanam dan menjaga kelestarian lingkungan sebagai rasa syukur, karena kita masih bisa menghirup udara segar seperti di Desa Karang Kedawung ini” kata Trirana Subekti dalam sambutan yang disambut tepuk tangan oleh peserta aksi ini.

Letkol InfTri Rana Subekti S.Sos juga menyebutkan bahwa setelah Sinergi Aksi Kemanusiaan Operasi Gratis 1000 Dhuafa bersama RS Bina Sehat Jember dan Aksi Penanaman Sejuta Pohon Menuju Indonesia Hijau Berseri, ini masih banyak sinergi yang akan dilakukan oleh Kodim 0824 Jember bersama masyarakat di wilayah Jember. “Masih banyak yang akan kita kerjakan, dan yang paling penting adalah sinergi itu akan melibatkan berbagai kalangan dan membawa dampak positif kepada masyarakat Jember “ kata Tri Rana.

Acara aksi yang dilangsungkan di rintik hujan gerimis ini, dihadiri oleh Administatur Kesatuan Pemangkuan Kehutanan (KPH) Jember, Nanang Sugiharto, Kepala Desa Karang Kedawung Suparto, dan hadir pula komunitas pengusaha Jember yang tergabung di Ikatan Pengusaha Jember (IPJ) diwakili oleh Agus Susanto dan Kukuh Raharjo.

Kegiatan “Aksi Penanaman Sejuta Pohon Menuju Indonesia Berseri” terasa meriah karena selain melibatkan TNI dengan Perhutani, kegiatan ini juga di hadiri oleh Pramuka, GM FKPPI, dan Menwa serta masyarakat yang tergabung dalam LMDH Wana Kedawung Lestari.

Aksi Penanaman Sejuta Pohon Menuju Indonesia BerseriKepala KPH Perhutani Jember, Nanang Sugiharto menyatakan bahwa, “Memang sudah tugas dari Perhutani untuk selalu menanam pohon, dan kegiatan selanjutnya adalah menjaga agar pohon menjadi pohon yang besar. Melalui Sinergi Aksi ini kami harapkan ada pesan yang bisa disampaikan kepada masyarakat, bahwa menanam adalah satu paket dengan menjaga kelestarian pohon tersebut” kata Nanang kepada wartawan titik0km.com ketika ditemui di akhir acara aksi penanaman sejuta pohon. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: