Surabaya Gagas Kawasan Eks-Lokalisasi Jadi Kampung Batik

SURABAYA (titik0km.com)Pemkot Surabaya menyiapkan berbagai rencana untuk menggiatkan perekonomian kawasan eks lokalisasi. Salah satunya dengan menggagas agar kawasan tersebut menjadi kampung batik. Terdapat dua kawasan yang akan dijadikan kampung batik yaitu Tambaksari dan Dupak Bangunsari.

Seperti yang dilansir di www.surabaya.go.id pada Kamis (23/1), pelatihan batik akan diberikan kepada mantan PSK dan mucikari. Selain itu, warga sekitar lokalisasi, yang dulu bergantung pada bisnis prostitusi tersebut juga akan diberikan pelatihan untuk memproduksi batik.

Pemkot Surabay akan mendatangkan trainer dari perusahaan. Selama dua hari, para mantan PSK, mucikari dan warga akan dilatih, setelah itu akan dipekerjakan oleh perusahaan. Salah satu dari perusahaan tersebut adalah milik Roesmadi Hadi Suryo.

Roesmadi mengatakan, akan ada kategorisasi bagi para mantan PSK, mucikari dan warga yang akan dipekerjakan. Antara lain, untuk yang berminat membatik akan diajari cara melukis motif dan teknik celup. “Untuk yang berminat menjahit akan dilatih menjahit kain yang sudah jadi untuk dijahit menjadi tas, pakaian dan lain-lain. Sementara bagi yang berniat untuk berjualan, akan diberikan pelatihan penjualan batik,” kata Roesmadi. (pemkot-sby/asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: