Dari Sini Semua Berawal

Terkesima Musik Patrol Iringi Lagu Kebangsaan, Wabup : Memang Diperlukan Inovasi Seperti Ini

Terkesima Musik Patrol Iringi Lagu Kebangsaan, Wabup : Memang Diperlukan Inovasi Seperti Ini

Jember (titik0km.com) – Ada yang berbeda dari Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 yang digelar di Jember, yaitu adanya musik Patrol, sebuah musik daerah khas Jember yang mengiringi barisan paduan suara pada Senin (20/5/2019), kolaborasi antara Paduan Suara dari SMA Negeri 1 Jember dan iringan musik patrol dari SMP N 1 Ambulu dan SMP N 4 Jember, mampu menghibur peserta upacara Hari Kebangkitan Nasional.

“Ini sebuah inovasi yang bagus, dan pertama kalinya lagu-lagu Nasional dibawakan paduan suara siswa SMA dan diiringi oleh musik Patrol yang di mainkan oleh siswa SMP, sebuah kolaborasi yang bagus, dan patut untuk di kembangkan, tadi kami bersama dengan beberapa pejabat baik dari TNI maupun Polri, sangat mengagumi paduan suara yang diringin musik patrol ini,” ujar Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief.

Wabup menjelaskan, bahwa hal-hal yang baru seperti yang sudah dilakukan oleh adik-adik di SMA dan SMP ini patut dicontoh oleh sekolah yang lain, dimana mereka memberikan nuansa yang baru, “Ini sangat bagus, bisa dicontoh oleh sekolah lain, karena kadang ketika kita mendengat iringan lagu Nasional, yang didengar ya seperti itu itu saja, tapi dengan adanya kombinasi musik patrol yang begitu rancak, kita seperti ada seni baru yang bisa menghibur,” ujar Wakil Bupati.

Sementara Mulyono, Pembimbing musik patrol dari SMP Negeri 1 Ambulu, kepada media ini mengatakan, bahwa kelompok musik patrol di lembaganya baru 1 tahun di bentuk, dan tampil di upacara Hari Kebangkitan Nasional ini, merupakan kolaborasi pertama dengan waktu yang singkat, yakni hanya 2 hari.

“Ini kolaborasi pertama dengan sekolah lain, dimana waktu yang diberikan kepada kami juga sangat singkat, pada Jumat pagi kami diberi tahu untuk tampil pada upacara Harkitnas, kemudian sorenya kita latihan, dan Minggu kemarin kita latihan bersama dengan SMP 4, sedangkan untuk mengiringi paduan suara, latihannya juga di lokasi, masih banyak yang harus di benahi lagi,” ujar Mulyono merendah.

Mulyono menambahkan, kolaborasi musik patrol dengan musik lain juga pernah dilakukan ileh anak didiknya, yaitu kolaborasi antara musik Patrol dengan Gamelan, hal ini dilakukan saat ada lomba kreasi siswa SMP tingkat Jatim yang digelar di Malang.

“Dulu pernah juga kami menggelar kolaborasi musik patrol denan gamelan saat lomba kreasis siswa tingkat Jatim di Malang, memang belum juara, tapi kami akan terus berusaha untuk menjadi yang terbaik,” pungas Mulyono. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *