Terminal 2 Bandara Juanda Beroperasi pada 14 Februari 2014

SURABAYA (titik0km.com) – Terminal baru Bandara Internasional Surabaya (BIJ) atau Terminal 2 (T2) siap digunakan. Rencananya, T2 itu akan dioperasionalkan 14 Februari 2014 atau tepat di hari Valentine.

General Manager Bandara Juanda Trikora Harjo menjelaskan, bahwa T2 BIJ memiliki lahan seluas 49.500 meter persegi. “Untuk jumlah penumpang, T2 diperkirakan akan menampung 6 juta calon penumpang dalam pertahunnya,” jelas Trikora Harjo dalam rilis melalui situs juanda-airport.com pada Senin (13/2).

Menurut Trikora Harjo, T1 BIJ saat ini kondisinya sudah berkapasitas lebih dengan total 17 ribu penumpang di tahun 2013. Ini mengalami peningkatan 15 persen. “Maka dengan terbangunnya BIJ T2, akan bisa mengurangi melebihi kapasitas penumpang yang di BIJ T1,” kata Trikora Harjo.

Mantan Kakansar Jatim ini menambahkan, Proyek T2 BIJ dibangun dengan memanfaatkan kembali terminal Juanda lama. T2 BIJ dibangun dengan menelan anggaran senilai Rp 946 miliar. Pengembangan kedepannya BIJ T2 itu akan digunakan untuk calon penumpang domestik yang di bawah naungan Garuda Indonesia, serta penumpang khusus Internasional. “Untuk Domestik di T2 itu adalah Garuda, Tiger mandala, Air Asia. Untuk yang Internasional itu ada 14 maskapai internasional, diantaranya Cathay Pasifik, dan Singapore Airlines,” terang dia.

Untuk detail penerbagan di ​Bandara Terminal 2 BIJ, digunakan untuk semua penerbangan INTERNASIONAL dan Domestik hanya untuk Garuda, Air Asia dan Tiger. Sehingga ada beberapa maskapai yang berpindah dari Terminal 1 ke Terminal 2 seperti Citilink domestik, Sriwijaya domestik, Batik Air domestik, Lion domestik berada di Terminal 1. Kemudian Garuda domestik/Internasional, Air Asia domestik / Internasional, Tiger domestik / Internasional, Lion Air (Singapore), China Airlanes, Singapore Airlanes, Eva Air, Cathay Pasific, Jetstar / Value Air, berada di Terminal 2. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: