Tim Dokter Upayakan Pemisahan Bayi Kembar Siam

bayikembar siamBANYUWANGI (titik0km.com) – Upaya pemisahan bayi kembar siam buah hati pasangan suami istri (pasutri) Yuda Winarno, 22, dan Sika Jayati, 22, warga asal Dusun Krajan, RT 003/RW 001, Desa Bomo, Kecamatan Rogojampi, akan dilakukan tim dokter dari Rumah Sakit dr Soetomo.

“Rencananya, tim dari RS dr Soetomo Surabaya akan datang ke Rumah Sakit Al Huda, Genteng, Banyuwangi, untuk melihat kondisi bayi tersebut. Dan bila memungkinkan akan di bawa ke Surabaya untuk dilakukan operasi pemisahan,” ujar dr Faida MMR, Chief Executive Officer (CEO) RS dr Soetomo.

Faida menjelaskan, saat ini kondisi bayi kembar siam masih dalam perawatan dan dalam inkubator. Faida sempat menjelaskan terkait bayi kembar siam tersebut. “Riwayat pasien Ante Natal Care (ANC) di RS Al Huda selama kehamilannya. Karena diketahui bayi 3 kembar melalui usg, maka disarankan kontrol ke RS dr Soetomo Surabaya pada usia kehamilan 6 bulan,” tegasnya.

Setelah beberapa kali kontrol, kata Faida, kondisinya baik. “Ibu bayi tinggal di Banyuwangi. Karena merasa kencang-kencang, maka pada 29 Januari dibawa ke RS Al Huda,” ujarnya.

Nah, saat itulah ketuban pecah dini, meskipun usia kehamilan masih 7 bulan. Maka segera menjalani operasi caesar oleh dr Novan Affandy Sp.OG. Bayi lahir selamat didampingi tim dokter RS Al huda. “Triple satu dan triple dua kembar siam berkelamin perempuan berat badan 2000 gram, 39 cm lingkar kepala 26 cm dan triple tiga tunggal/sendiri kelamin laki laki, berat 1300 gram dengan panjang 41 cm,” paparnya.

Terkait hal itu, tim Rumah Sakit dr Soetomo rencananya Sabtu ini akan datang ke Rumah Sakit Al Huda Genteng. “Rencananya hari Sabtu (2/2/2013) naik pesawat,” ujarnya. Tim dokter dr Soetomo ini diundang CEO RS Al Huda dr Faida MMR melalui surat konsultasi resmi yang dikirimkan via fax ke direktur RS dr Soetomo cc tim kembar siam. Diharapkan, kata Faida, dengan kedatangan tim RS dr Soetomo ini, operasi pemisahan bisa dilakukan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, tim dokter dari Rumah Sakit dr Soetomo akan datang ke RS Al Huda untuk membantu menangani bayi kembar siam buah hati pasangan Yuda Winarno, 22, dan Sika Jayati, 22, warga asal Dusun Krajan, RT 003/RW 001, Desa Bomo, Kecamatan Rogojampi. Sedikitnya, lima dokter dari Rumah Sakit dr Soetomo diterjunkan untuk memantau dan memeriksa kondisi bayi kembar siam tersebut.

“Ada 5 orang Tim KS dari RS dr Soetomo Surabaya yang berangkat ke Banyuwangi,” ujarnya. Masing-masing, dr. Agus Harianto Sp.A(K), dr. Poerwadi Sp.BA, dr. Ari Utariani Sp.An, dr. Mahrus A Rahman Sp A(K) kardiologi anak, dan dr. Tio Bedah TKV. (tnt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: