TPS Khusus di Rumah Sakit Tidak Maksimal

Sosialisasi Form A5 KPU Kurang, Karyawan, Pasien dan Keluarga Bingung Tidak Bisa Mencoblos

JEMBER (titik0km.com) – Kebijakan KPU yang akhirnya menjalankan TPS Keliling yang dilaksanakan oleh KPPS yang terdekat di rumah sakit di seputar Kabupaten Jember, masih belum maksimal. Pasalnya banyak karyawan dan pasien serta keluarga yang akan mencoblos, tidak bisa menyalurkan hak pilihnya karena waktu yang terbatas dan tidak mengurus form A5 yang disyaratkan untuk menggunakan hak pilih pada TPS di luar TPS domisili pemilih, pada hari Rabu (9/4).

Seperti yang dipantau oleh Media Online Titik Nol Kilometer di beberapa rumah sakit swasta di Kabupaten Jember, RS Jember Klinik Jember, hampir semua karyawan tidak mendapatkan sosialisasi tentang adanya form A5 untuk pindah pilih, begitu juga para pasien dan keluarga yang kecewa karena tidak bisa memilih karena Panwaslu mensyaratkan harus ada form A5 untuk pindah pilih, seperti yang diungkapkan Budidoyo warga Blitar, yang kecewa akibat tidak bisa mencoblos karena tidak mengurus form A5, “Saya kebetulan ada di Jember karena pas liburan, sebetulnya mau pulang tapi karena anak saya sakit jadi harus di Jember sampai pemilu. Ya kecewa karena petugas minta form A5, kalau pakai KTP saja ternyata tidak bisa,” ujar Budidoyo yang didampingi istrinya.

Hal yang sama terjadi di RS Bina Sehat Jember, dari total 133 pasien yang punya hak memilih hanya sekitar 20 pasien yang mencoblos karena panitia TPS datang sekitar jam 12.30, tidak bisa menjangkau semua pasien dan karyawan, dr. Faida MMR, Direktur RS Bina Sehat menjelaskan bahwa pasien yang punya hak sebanyak 96 pemilih dan karyawan sebanyak 117, “Karyawan yang tidak bisa meninggalkan pos-nya, jauh hari sudah mengurus form A5 dan sudah mencoblos, namun waktu yang diberikan KPPS hanya 1,5 jam tidak bisa menjangkau 96 pasien yang punya hak pilih, jadi hanya 20 pemilih saja yang bisa mencoblos karena waktu habis,” ujar Faida.

Pasien di RS Bina Sehat juga diberi keleluasaan dengan hanya menunjukan KTP kepada petugas tanpa diwajibkan mengurus form A5. Hal yang sama juga terjadi di RS Al Huda Genteng Banyuwangi, yang akhirnya khusus pasien dan keluarga pasien bisa mencoblos dengan hanya menunjukkan KTP, setelah berkonsultasi dengan Ketua KPU Banyuwangi, disamping jam TPS Khusus yang diperpanjang sampai dengan 14.30 wib, lebih panjang 1,5 jam dari waktu yang disyaratkan untuk TPS. (ias)

TPS Khusus di Rumah Sakit Tidak Maksimal-situasi TPS keliling di RS Jember Klinik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: