UKM Dentin FKG Regenerasi Jalan Prestasi Datang

1JEMBER (titik0km.com) – Regenerasi dalam sebuah organisasi adalah keniscayaan. Jika regenerasi berjalan, maka program yang sudah dibuat akan berjalan, bahkan prestasi pun datang. Ungkapan ini dibuktikan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran Dentin, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jember. Buktinya prestasi demi prestasi kerap diraih oleh UKM Dentin, bahkan boleh dibilang setiap tahun UKM Dentin FKG tak pernah sepi dari prestasi.

Prestasi yang terbaru, tiga anggota UKM Dentin M. Ainun Najib, Fatkhur Rizki dan Alex Willyandre membawa pulang predikat juara tiga dalam ajang “Aksi KG Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)” untuk lomba Poster Competition kategori literature review yang diselenggarakan pada tanggal 26-27 April 2013 di kampus Unsoed. Penelitian ketiganya yang dirupakan dalam poster berjudul Recycling Kit Gamma Destroyer : Inovasi Pengolahan Limbah Kedokteran Gigi Pada Dental Chair.

“Alhamdulillah, kami berhasil membawa gelar juara ketiga, tapi yang lebih membanggakan  dari 10 peserta dalam babak final kategori literature review, 6 tim berasal dari UKM Dentin FKG. Sementara 1 tim lainnya bertarung di kategori literature research,” ujar Ainun, mahasiswa FKG angkatan tahun 2010. Untuk diketahui, hanya Ainun, Fatkhur dan Alex yang mahasiswa angkatan 2010, sementara 6 tim lainnya beranggotakan mahasiswa FKG angkatan tahun 2012.

Gairah untuk meneliti di kalangan mahasiswa FKG Universitas Jember yang  cukup tinggi disalurkan melalui UKM Dentin. Hal ini sekaligus membuktikan jika proses regenerasi yang dijalankan oleh UKM Dentin berjalan pada rel yang benar. “Saat pendaftaran anggota baru kemarin, ada 30-an anggota baru yang berasal dari mahasiswa FKG angkatan 2012. Saat ini UKM Dentin memiliki 70-an anggota,” jelas Ainun yang kini lebih banyak bertugas membina yuniornya karena tengah berkonsentrasi pada skripsi.

Oleh karena itu keikutsertaan trio Ainun, Fatkhur dan Alex dalam ajang di FKG Unsoed sebenarnya dalam rangka membina dan melatih para yuniornya. “Mereka yang berangkat ke Purwokerto adalah anggota baru UKM Dentin. Saat awal masuk di UKM Dentin, para anggota baru kami berikan latihan melakukan riset. Dan sebagai ajang pembuktiannya, penelitian tadi kita kirimkan ke berbagai ajang lomba, salah satunya di Unsoed kemarin. Harapannya para anggota baru UKM Dentin memiliki pengalaman berkompetisi,” ujar Fatkhur menambahi.

Saat ini UKM Dentin juga tengah menunggu hasil dua penelitian yang mereka kirimkan ke ajang penelitian mengenai kedokteran gigi. “Satu penelitian yang dilakukan oleh anggota kami sudah masuk ke babak final di lomba yang diselenggarakan oleh FKG Universitas Brawijaya Malang. Sementara satu penelitian untuk ajang Asia Pacific Dental Student Association di Bali pada bulan Juni nanti masih kami tunggu kabarnya dari panitia,” ujar Ainun yang asli Banyuwangi ini. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: