Umat Khonghucu Malang Gelar Parasuci

MALANG (titik0km.com)Umat Khonghucu di Malang pada hari Sabtu (25/1) kemarin menggelar upacara sembahyang Parasuci guna menyambut Tahun Baru Imlek 2565 di Klenteng Eng Ang Kiong. Dalam keyakinan umat Khonghucu, upacara Parasuci adalah momen untuk melaporkan perbuatan atau Sang Sien kepada para dewa yang ada di Klenteng.

Demikian seperti yang dikutip dari rilis pemkot Malang pada Senin (27/1), seperti yang disampaikan oleh Bonsu Anton Triyono sebagai rohaniawan Klenteng Eng Ang Kiong Malang. Upacara ini, menurut dia, adalah rangkaian sembahyang untuk menyambut Imlek. Sebelum melaksanakan upacara Parasuci pada tanggal 1 dan 15 Januari, telah dilakukan sembahyang sebagai peringatan tutup tahun.

Ditambahkan Bonsu Anton, yang dilakukan kemarin adalah untuk membersihkan dan melepas para dewa. “Pasca melaksanakan ibadah Parasuci nanti, pada tanggal 31 Januari dilaksanakan tahun baru Imlek, sedangkan tanggal 3 Februari dilaksanakan ritual Cap Cien untuk mengembalikan para dewa yang pada hari ini dilepas,” imbuhnya.

“Tanggal 7 Februari nanti juga akan dilakukan sembahyang penutupan ke Tuhan YME. Tahun ini adalah Tahun Kuda Kayu, filosofi kuda adalah hewan yang bisa dilatih sedangkan kayu adalah sebuah benda yang berguna. Jadi kalau tahun ini ada pemilu sangat pas, karena bisa melatih diri dan juga bagus untuk berintrospeksi,” beber Bonsu Anton.

Dengan demikian, dituturkannya lagi, diharapkan semua umat manusia di tahun ini bisa mendapat kebaikan atau keberkahan, sehingga dapat menjalankan dan mengisi kehidupan ini sebaik mungkin. “Dengan kerukunan dan saling menghormati antar sesama umat beragama, maka kami yakin kehidupan yang damai akan terealisasi dengan baik,” jelasnya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: