Universitas Jember Budayakan Good University Governance

Bantu Peneliti Lemlit Universitas Jember Latih Tenaga Penyusunan Laporan Keuangan Penelitian Bagi Staf Dosen dan Administrasi JEMBER (titik0km.com) – Selama ini banyak peneliti yang menghadapi kendala saat dihadapkan dengan laporan keuangan setelah kegiatan penelitian dikerjakan, maka tidak heran jika banyak dosen yang suka meneliti namun kebingungan mengerjakan laporan pertanggungjawaban keuangannya. Menghadapi masalah ini, Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Jember mengambil terobosan baru dengan melatih tenaga penyusunan laporan keuangan penelitian. Sebanyak 73 peserta yang merupakan perwakilan dari semua fakultas dan program studi mengikuti kegiatan “Pelatihan Pengelolaan Dan Penyusunan Laporan Keuangan Untuk Kegiatan Penelitian bagi Dosen Dan Staf Administrasi Universitas Jember” yang diadakan di aula lantai III Gedung Rektorat dr. R. Achmad (31/5).

Menurut ketua Lemlit Universitas Jember, Prof. A. Subagio, PhD tahun ini ada 300 judul penelitian yang tengah dikerjakan oleh para dosen di Kampus Tegalboto. Jadi bisa dibayangkan akan ada 300 laporan keuangan penelitian yang harus dikerjakan, sementara jika menggantungkan pada staf Lemlit yang hanya 22 orang tentu saja tidak mungkin. “Solusinya kami mendidik tenaga penyusunan laporan keuangan penelitian di setiap fakultas dan program studi untuk membantu para peneliti, selain tentunya untuk mewujudkan Good University Governance,” jelas pakar tepung singkong ini.

Universitas Jember sendiri menargetkan tahun ini 60% dosennya melaksanakan penelitian dari angka sebelumnya yang hanya 20%. Target meningkatkan jumlah dosen yang meneliti ini diharapkan akan mampu meningkatkan kualitas belajar dan mengajar yang muaranya meningkatkan kualitas Universitas Jember. “Bagi dosen, mengajar itu layaknya mengkomsumsi karbohidrat, sementara meneliti itu asupan protein dan vitamin. Jadi tanpa meneliti maka tubuh kita tidak sehat,” ujar Dr. Zainuri, MSi Wakil Ketua Lemlit saat memberikan materi Pengelolaan Block Grant Penelitian di hadapan peserta.

Bantu Peneliti Lemlit Universitas Jember Latih Tenaga Penyusunan Laporan Keuangan PenelitianPelatihan kali ini bertujuan untuk membangun sistem adminsitrasi pelaporan keuangan penelitian di Universitas Jember. Pelatihan yang berlangsung selama sehari ini juga menghadirkan pemateri dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember yang memberikan materi Perpajakan Dalam Penelitian. Para peserta juga melaksanakan simu Pertanggungjawaban Keuangan Secara Elektronik dibawah supervisi Taufikurrohman, SE., MSi.Ak dari Satuan Pengawas Internal Universitas Jember. (ias)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: