Upayakan Pencegahan dan Pengawasan Dana Desa, Polres dan Pemkab Jember Gelar MoU

Jember (titik0km.com) – Guna mengantisipasi penyelewengan, pengawasan dan pencegahan penyalahgunaan Dana Desa (ADD) Senin (27/11/2017) Pemerintah Kabupaten Jember bersama dengan Polres Jember melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Aula PB Sudirman Pemkab Jember dengan dihadiri oleh seluruh Camat, Babinsa, Babhinkamtibmas dan kepala Desa se Kabupaten Jember.

“Penandatanganan MoU antara Polres Jember dengan Pemkab dalam pengawasan, dan penyalahgunaan dana desa serta penanganannya dilakukan untuk menindak lanjuti MoU yang ditandatangani abtara Kapolri, Mendagri dan Menteri Desa, dimana dana desa yang begitu besar untuk pembangunan bisa sesuai harapan, serta sesuai program nawacita Presiden Joko Widodo,” ujar Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo.

Menurut Kusworo, dalam melakukan pengawasan, pencegahan dan pengawalan, yang menjadi  garda terdepan adalah Bhabinkamtibmas yang akan melihat pelaksanaan dana desa, “Jika ada yang tidak beres atau penyimpangan, maka tugas tiga pilar yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan kades untuk mencegahnya, penegakan hukum merupakan pilihan terakhir,” tegas Kapolres.

Sementara Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, dalam sambutannya mengatakan, bahwa kepala desa tidak perlu takut dalam menggunakan dana desa, asal transparan dan sesuai dengan perencanaan dan tujuan pembangunan. Kepala Desa tidak perlu takut kalau ada pihak-pihak yang mengancam dan mau melaporkan kepala desa.

“Kalau ada Inspektorat turun ke Desa, kades harus bangga karena inspektorat datang kalau ada yang tidak beres maka inspektorat akan membantu menyelesaikan, juga kepada kepala desa agar terbuka dalam menyampaikan anggaran dana desa tidak hanya secara global, akan tetapi lebih terperinci lagi,” ujar Bupati. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: