Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Wabup Muqit : “Dengan Memahami Isi Al Quran, Hidup Semakin Terarah”

Wabup Muqit : “Dengan Memahami Isi Al Quran, Hidup Semakin Terarah”

Wabup Muqit : “Dengan Memahami Isi Al Quran, Hidup Semakin Terarah”

Jember (titik0km.com) – Acara Closing Festival Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Jember 2018 yang digelar di Aula Pemkab Jember dengan jumlah peserta lebih dari 600 Qori pada Minggu (2/12/2018) malam dihadiri Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqiet Arif, dalam acara closing tersebut, Wabup berharap peserta MTQ tidak hanya menghafal Al Quran saja akan tetapi bisa memahami makna daripada Al Quran itu sendiri.

“Kami bersyukur kegiatan MTQ yang digelar mulai tanggal 1 kemarin bisa berjalan lancar, dan tadi panitia juga sudah mengumumkan juara-juaranya, kami berharap peserta MTQ ini tidak hanya menghafal Al Quran saja, akan tetapi juga memahami makna yang terkandung didalamnya,” ujar Wakil Bupati Jember Drs. KH. Muqiet Arif.

Menurut Wakil Bupati Jember yang juga pengasuh Pondok Pesantren AL Falah Silo, banyak orang yang bisa membaca dan menghafal Al Quran, namun, tidak sedikit yang memahami kandungan dari isi Al Quran, karena Al Quran bisa dijadikan petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. “Kalau kita bisa memahami isi kandungan Al Quran, maka hidup bisa terarah,” ujar Wabup.

Sementara untuk persiapan MTQ tahun depan, Wabup berharap agar dilakukan perbaikan-perbaikan dan persiapan yang lebih matang, bila perlu seleksi dilakukan sejak ditingkat desa, kemudian seleksi tingkat Kecamatan, sehingga benar-benar bisa mendapatkan kafilah MTQ Jember yang unggul.

“Untukpelaksanaan MTQ tahun 2019 nanti, kami berharap seleksi bisa dilakukan sejak di tingkat desa, hal ini selain untuk membumikan Al Quran di Jember, juga bisa mendapatkan peserta yang unggul dan berkualitas, sebab saya yakin masih banyak warga Jember yang hafal Al Quran namun tidak terkoordinir dengan baik,” ujar Wabup.

Sedangkan untuk merangsang para penghafal Al Quran agar terus meningkatkan kemampuannya, Wabup menyampaikan bahwa Pemkab Jember sudah menyiapkan beasiswa bagi para penghafal Al Quran, walau masih hafal 1 Juzz, dan tidak menutup kemungkinan perhatian pemkab Jember bisa diberikan lebih.

“Untuk memberikan rangsangan kepada para penghafal Al Quran, Pemkab Jember sudah memberikan perhatian berupa beasiswa kepada penghafal Al Quran walau hanya 1 Jus, beasiswa ini diberikan sampai mereka ke jenjang perguruan tinggi, dan tidak menutup kemungkinan perhatian ini akan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” pungkas Wabup. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top