Wildan Ditangkap, Situs Pemkab Jember Diserang Hacker

imagesJEMBER Kemarahan para hacker atas tindakan polisi  yang menangkap peretas situs resmi Presiden Susilo Bambang Ydhoyono (SBY), benar-benar diwujudkan. Banyak situs pemerintah yang diserang para hacker, sehingga rusak. Salah satu yang kena sasaran adalah situs resmi Pemkab Jember www.jemberkab.go.id.

Serangan atas situs resmi milik Pemkab Jember ini juga diakui Sandi Suwardi Hasan, Kabag Humas Pemkab Jember, hari ini (1/2). “Situs milik Pemkab Jember juga kena hack,” ujarnya.

Untuk diketahui, melalui Direktorat Tindak Pidana Khusus Bareskrim Polri, polisi menangkap Wildan Yani S Hari, 22, Warga Jember, Jatim. Wildan diringkus tanpa melakukan perlawanan.

Sebagai aksi protes atas penangkapan Wildan tersebut, rupanya komunitas peretas Internasional Anonymous membuat perlawanan dan serangan dengan melakukan defacing atau mengubah tampilan dan isi web dan meninggalkan pesan peringatan.

Belasan situs milik pemerintah berhasil dilumpuhkan, meliputi situs KPPU, BPS, KBRI Tashkent, Kemenhuk dan HAM, Kemensos, dan Kemenparekraf. Bahkan, situs pemerintah kabupaten termasuk milik Pemkab Jember tak luput dari serangan.

190159_pesan-hacker-anonymous-melalui-akun-twitter_663_382Serangan ini sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Bahkan,  dalam situs pemerintah sempat memajang pesan dari Anonymous: “No Army Can Stop An Idea….” Pesan tersebut ditujukan pada pemerintah sebagai aksi protes terhadap penangkapan Wildan. (tnt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: