Workshop Carnival Fotografi Paul Zacharia di JFC 12

JEMBER (titik0km.com) – Memotret adalah momentum, ini yang ditekankan oleh Paul Zacharia, F.RPS* dalam workshop yang diselenggarakan oleh Panpel JFC ke 12 di Aston Jember bertempat di Lavender Cafe and Bar Pools pada Jumat (23/08) malam. Sekitar 30 an fotografer baik dari Jember, Yogyakarta, Jakarta, dan Malang hadir untuk mengikuti Workshop Carnival Fotografi.

Dengan lugas, Paul Zacharia membagi pengalamannya saat menjadi official fotografer JFC selama beberapa kali, “Jadi untuk bisa merekam dan mendapatkan gambar serta menangkap momentum di JFC itu memang harus habis-habis juga harus serakah dalam mengambil gambar, karena begitu banyaknya pernak pernik dan peserta JFC itu menjadi tantangan terbesar selama saya mengikuti event JFC ini,” papar Paul Zachria yang pada bulan Mei 2011, menjadi salah satu fotografer Indonesia yang diundang pada Pameran MONTH OF PHOTOGRAPHY di Jepang.

“Persiapan sebelum terjun ke arena JFC harus betul-betul matang, artinya dari perlengkapan, lensa sampai dengan stamina harus dijaga, karena di JFC ini begitu banyak sekali momentum-momentum yang tidak bisa terlewatkan, sayang jika ketika ada talent dengan kostum yang bagus sedang pose time tapi terlewatkan begitu saja,” jelas Paul

Jadi memang memotret di JFC itu ibaratnya tantangan yang luar biasa, semuanya harus pakai lensa panjang-panjang, bukan karena sombong loh ya, tapi karena memang kalau pake lensa fix tidak akan bisa menangkap detail dari talent JFC itu sendiri,” kata pria kelahiran Malang tahun 1955 ini.

JFC tahun ini termasuk yang terbaik, menurut saya untuk penataan runway dan tenda, karena ramah buat fotografer, bahkan untuk pemula sekalipun,”ungkap Paul lagi

Senada dengan Paul, Agung Kurniawan, Ketua Jember Photography (JPG) mejelaskan bahwa workshop ini dimaksudkan untuk berbagi pengalaman bersama Paul yang dikenal sebagai fotografer profesional dan selama menjadi official fotografer JFC beberapa waktu.

“Tujuannya juga fotografer baik dari Jember maupun yang dari luar Jember bisa sharing dan belajar bersama untuk bisa memahami seni memotret carnaval, seperti JFC ini,” ungkap Agung.

Budi Hartono, Koordinator Registrasi Media Dan Fotografi JFC 12 yang juga anggota JPG ini, mengungkapkan sebanyak 2904 orang dari media dan fotografer baik nasional maupun internasional telah mendaftar sampai dengan hari Jumat malam.

Memang untuk sekelas carnival seperti JFC yang berhasil meraih peringkat 4 untuk karnaval terunik dan terheboh dunia setelah Mardi Grass USA, Rio De Jeneiro Brasil, dan The Fastnacht Koln, Jerman, sangat sayang untuk tidak mengabadikan momentum JFC 12 kali ini.

Selamat berjepret ria di Jember Fashion Carnaval 12 !!! (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: